RESENSI : Novel Sadness

Disini aku pengen share tentang contoh resensi novel. Kebetulan kemarin dapat tugas resensi dan aku ngambil Sadness sebagai bahan. Sekedar cerita, Sadness ini adalah salah satu fanfiction favoritku ^.^

Let’s check

 

RESENSI NOVEL SADNESS

 

IDENTITAS NOVEL SADNESS     :

  • Judul  :           Sadness
  • Pengarang :           Nisa Ayu Thayalisha Hadi
  • Penerbit :           NulisBuku.com
  • Tahun Terbit :           2012
  • Urutan cetakan :           Cetakan 1, 2012
  • Ukuran Dimensi Novel:           19 cm x 13 cm
  • Tebal/Jumlah :           3 cm/450 halaman
  • Harga :           Rp. 100.000,00

 

Dalam konteks kehidupan tidak pernah terlewatkan sedetikpun tentang cinta. Sehampa apapun kita menjalani hidup, cinta akan terus mengikuti. Merindukan seseorang itu tidak sesederhana dengan kita merasa resah dan mengatakan “Aku merindukanmu”. Merelakan seseorang yang kita cintai itu tidak semudah dengan kita menahan nafas demi ternetralisirnya rasa gundah di hati kemudian menyibukkan diri untuk melupakan segalanya. Merelakan, itu artinya kau harus siap menanggung seluruh resiko yang akan menghampirimu satu per satu dan tanpa henti seiring jantungmu yang masih berdetak kencang. Berlaku adil itu kompleks, saat kau mengetahui dengan pasti akan adanya titik yang bertolak belakang antara perasaan dan logika yang kau mainkan menjadi satu. Merindukan seseorang itu kompleks, saat kau merasa ingin bertemu dengannya dan pada kenyataannya kau tidak bisa. Mencintai juga kompleks, sebagaimana kau bertahan untuk tidak terjatuh, pada akhirnya akan terjatuh juga. Keberuntungan juga kompleks, aku mengambil dari sisi sederhana. Sederhananya, keberuntungan itu bisa hilang dalam sekejap mata.

Buku ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga seorang pengusaha muda bernama Cho Kyuhyun dengan seorang gadis biasa bernama Nam Hyen Hyo yang bahagia walau tanpa mengantongi restu orang tua kedua belah pihak. Menikmati setiap detik dalam hidup mereka dengan cinta. Hingga suatu malapetaka datang. Kyuhyun dipaksa berpoligami demi mengikuti keinginan orang tuannya. Tanpa melepas status keluarga Cho dan cintanya kepada Hyen Hyo, semuanya terjadi. Jang Hye Ri yang notabenenya kekasih Kim Jonghyun pun masuk dalam kehidupan Kyuhyun dan Hyen Hyo. Kebahagian itu kini berubah dengan tangis dan semakin kompleks ketika keduanya hamil diwaktu yang sama.

Bagaimanakah kehidupan keluarga ‘kecil’ Cho yang kompleks ? Akankah Kyuhyun berlaku adil ? Dan bagaimana kisah Hye Ri dan Jonghyun ditengah kehidupan rumah tangga Kyuhyun dan Hyen Hyo ?

Novel ini hasil karangan Nisa Ayu Thayalisha Hadi, seorang pelajar SMA asal Cirebon kelahiran 25 Februari 1997. Seorang penulis fanfiction diberbagai blog. Novel ini berawal dari sebuah fanfiction.  Fanfiction merupakan sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada berdasarkan imajinasi si penulis dengan konsep penulisan “what if…” atau “bagaimana jika…” yang mampu membuat penulis berimajinasi secara bebas.  Dengan jam terbang terbilang tinggi, banyak fanfiction berkualitas  yang telah ia karang dan ia terbitkan di blog pribadinya. Tidak hanya diblog pribadi, namun juga diberbagai blog komunitas fanfiction yang dimana Nisa mengambil peran sebagai salah satu author diblog tersebut. Berawal dari sebuah fanfiction yang mendapat respon besar dari pembaca, dan akhirnya tercetuslah permintaan untuk membukukannya. Dan jadilah Sadness yang mendapat sambutan dari penggemar fanfic ini.

Buku ini mengambil latar cerita  tentang cinta seorang pria yang diuji oleh paksaan poligami. Kekhasan dari novel ini adalah dari gaya bahasa si penulis yang begitu artistik. Penggunaan kalimat yang tepat dengan ejaan yang sesuai kaidah EYD serta kata-kata yang puitis membuat pembaca dapat tersentuh walau hanya sekedar membaca. Buku ini menguras emosi dan mampu membuat emosi pembaca ikut berkecamuk. Novel beralur maju dengan banyak konflik yang kompleks ini dapat dengan mudah dipahami pembaca karena penulis menjelaskannya secara detail, baik dari segi situasi maupun perasaan para pelaku. Disini tidak hanya menggunakan satu sudut pandang, namun dari berbagai sudut pandang pelaku lain seperti dari sudut pandang Kyuhyun, Hye Ri dan Jonghyun. Sehingga semakin memperjelas konflik batin yang tersirat. Meskipun novel ini terbit tanpa lembar berwarna dan tanpa gambar, pembaca sudah dapat membayangkan keadaan yang sesungguhnya.

Penggunaan ragam bahasa membuat buku ini semakin menarik. Dengan latar tempat di Korea Selatan, penggunaan bahasa Korea yang terselip diantara bahasa Indonesia membuat novel ini lebih berwarna dan tidak monoton. Jangan takut tidak mengerti, karena di novel ini telah tersedia kamus kecil sebagai panduan. Disini juga menggunakan latar budaya kehidupan dari Korea Selatan sehingga menambah wawasan pembaca.

Di dalam buku ini tidak hanya menyuguhkan sebuah cerita cinta picisan seperti novel lainnya. Novel ini patut diacungi jempol karena berkat buku ini, kita menjadi lebih memahami makna-makna kehidupan pernikahan. Bahwa tak selamanya cinta itu berjalan mulus. Karena  ujian-ujian kecil hingga besar telah menanti demi menguji dan memperkuat suatu hubungan.

Kelebihan dari buku ini yaitu di mana penulis juga memberikan kata-kata yang penuh dengan mutiara. Kata mutiara yang bermakna dalam dan dapat menjadi referensi pembaca. Walau dengan tebal 3 cm dan 450 halaman novel ini tidak akan membuat pembaca jenuh karena konflik tak terduga juga beragam yang menguras emosi. Dengan keromantisan yang begitu hangat mampu membuat kita ikut tersenyum dan merasakan hangatnya cinta mereka. Tidak sulit untuk menggambarkan situasi dalam cerita karena kedatailan cerita ini.

Namun di sisi kekurangan pada novel ini, penulis tidak menceritakan konflik keluarga Hyen Hyo. Hanya menceritakan sisi dari orang tua Kyuhyun dengan akhir yang jelas. Konflik orang tua dengan anak. Konflik ketika seorang anak dihapus dari daftar keluarga besar dan tidak diakui. Dan tidak ada penyelesaian dari masalah ini. jadi, kita kurang tahu bagaimana rincinya yang terjadi pada kejadian ini dan bagaimana akhirnya.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari novel ini. Diantaranya dari nilai-nilai kehidupan yang terkandung didalamnya, bukan hanya hiburan semata. Perjuangan dan pengorbanan seorang istri, keikhlasannya, juga kegigihannya. Semangatnya dalam menghadapi cobaan yang tak kenal menyerah dalam situasi apapun patut diberi apresiasi dan menjadi sumber inspirasi.

Dari keseluruhan cerita ini, menurut pendapat saya, sajian cerita yang dipaparkan dalam buku ini sangat menarik. Juga buku ini dapat menjadi motivasi kita untuk move on dan bahan pembelajaran untuk kita. Tidak akan rugi menyisihkan waktu untuk membaca novel berkualitas penuh makna ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s